Senin, 15 Juli 2013

KH. Mochammad Arief Sholeh

Ki Balap, nama Itu adalah julukan untuk penceramah kondang yang berasal dari Dusun Cemplang, Desa Cibatok, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nama asli Ki Balap alias Kyai Balap adalah K.H. Mochammad Arief Sholeh. Ciri khas Kyai Balap adalah jika berdakwah dengan bahasa Sunda memakai cara seperti mendongeng dan mendendangkan nadzoman, puji-pujian pada Allah, shalawat dan pepatah serta nasihat khas Sunda.Yaitu bercerita kisah-kisah klasik yang dimodifikasi sedemikian rupa tetapi warna dan nilai dakwahnya sangat dalam dan berselera humor yang tinggi. Beliau lebih ngetop dan tenar di masa itu dengan sebutan Ki Balap.


Pola penceritaan Kyai Balap lebih mendekati pola Abah Kabayan dengan memaksurkan unsur dakwah dalam ceritanya. Sehingga Mustami atau pendengar yang sedang tholabul ilmu tidak jenuh bahkan memori ingatannya akan materi yang disampaikan teringat terus hampir sepanjang masa Selain humor yang khas dan mengena, tidak norak dan tidak dibuat-buat, kisah-kisahnya membumi, yang diangkat dari kisah kehidupan sehari-hari yang kadang konyol, urakan sok 'alim dan
belajar untuk berbuat kesolehan, dan lain-lain. Karena itu pamor sebagai Kyai nya sang Ki Balap tidak tercemar atau mengundang kontroversial para muslimin bahkan semakin menghormati beliau, dengan cara yang antik tersebut.

Selama “mendongeng” mengisahkan materi dakwahnya sesekali di selingi oleh 'nadzom' (serupa nasyid atau syair) atau lagu yang seperti nyanyian yang dilagukan sangat khas Ki Balap lagunya khas dengan cengkok Priangan yang kental. Berisi petuah-petuah yang dikemas dalam bahasa yang menasehati tapi tidak menggurui, atau kisah dongeng nya sesekali dilagukan pula. Termasuk juga salawat dan pujian pada Allah dan sanjungan kepada Nabi Muhammad SAW.Tidak ada nada menyindir atau bahkan menghina agama lain apalagi memprovokasi, atau berkampanye terselubung dan lain-lain. Dakwah beliau sangat membumi dan banyak berurusan dengan masalah akhlak yang mulia atau akhlakul karimah.

 Sahibul Hikayat dalam Bahasa Sunda "Kisah Kyai Achmad" Bersama Ki Balap


Untuk judul dakwah Ki Balap yang lainnya seperti:

=Kisah Hasan Al Basyri
=Kisah Ki Hasan Ma'ruf
=Kisah Siti Aisyah
=Kisah Ki Nasuha
=Kisah Ki Sabeulah
=Tukang Bakul
=Kisah Prabu Kiansantang
=Ratapan Tangis Yatim Piatu
=Dadang dan Titin Siti Nurjanah Seri 1 dan 2
=Budak Hideung
=Ahmad Sungkawa
=Kisah Siti Aisyah

Sampai saat ini ana belum menemukan artikel, file sample audionya dan streamingnya di seluruhnya jagat internet, sehingga ana belum bisa mereview dan mempostingnya. Hanya ada satu kaset dengan judul "Kisah Kyai Achmad" yang ana dapatkan dan bisa ana posting, itupun tidak semua seri.

Ana pernah menemukan link salah-satu kaset dengan judul "Kisah Hasan Al Basyri", tapi kaset tersebut tersimpan di salah-satu situs perpustakaan di Ohio, Amerika Serikat. Sayangnya tidak bisa didownload, kalau mau lihat ini linkya:

http://worldcat.org/title/sahibul-hikayat-dalam-bahasa-sunda/oclc/51293728
 

Penulis : http://gnaces-cyber4rt.blogspot.com/::Abdi mah urang Desa anu bodo anu teu nyaho naon-naon::

Artikel KH. Mochammad Arief Sholeh ini dipublish oleh http://gnaces-cyber4rt.blogspot.com/ pada hari Senin, 15 Juli 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

:: BEBAS COPAS ::

Comments
6 Comments

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Hasan Basri 1
http://www.youtube.com/watch?v=sJ8gmHrzdCo&list=UUQ3GCm9bv2tJtqLC6MddzgA

dan 2 dan ceramah-ceramah yg lain'y.......

Anonim mengatakan...

padahal bngen cri cramah yg lain :'( mlah nggak ada

Solusi Kunci 24/7 mengatakan...

Min, pernah denger dari radio yang hikayat prabu kian santang. Cuman dapet dari mana yah. Susah banget cari di internet juga :(

Qonye mengatakan...

Sudahnya nyari judul yg lain.. sementara ini di jagat internet cuma ada dua judul.. ki ahmad dan hasan basri

Unknown mengatakan...

like this

Raden ihsan s mengatakan...

Di akun yt raden ihsan s channel ada yg terbaru

Posting Komentar

Berkomentar lah yang baik dan Jangan Menggunakan link yang aktif
yang berupa spam terpaksa saya hapus dari komentar